-->
Skip to main content

Jawaban PKN Hal Halaman 35 Kelas 12 Uji Kompetensi Bab 1 KWN

Uji Kompetensi Bab 1 Jawaban Kwn/PKN Kelas 12 halaman hal 35 HAM Negara Kesatuan Republik Indonesia
1. Bedakanlah makna hak asasi manusia dengan hak warga Negara ?
Jawaban-PKN-Uji-Kompetensi-Bab-1-Kelas-12-hal-halaman-35
Jawaban PKN Hal Halaman 35 Uji Kompetensi Bab 1 KWN 12

Jawaban : Hak asasi manusia bersifat universal, dimiliki oleh setiap orang. Sedangkan hak warga negara dibatasi oleh kewarganegaraan seseorang, hanya dimiliki oleh warga negara dari suatu negara yang bersangkutan atau menjadi kewarganegaraan orang tersebut.



2. Mengapa terjadi pelanggaran HAM?

Jawaban : Pelanggaran HAM terjadi karena kurang adanya pemahaman akan HAM. Dari kurang adanya pemahaman, kemudian muncul lah pelanggaran karena kurang menghargai dan menghormati.



3. Uraikanlah jaminan terhadap hak asasi manusia yang terdapat dalam Pancasila.

Jawaban : Hak untuk memeluk agama menurut kepercayaan masing-masing, hak untuk diakui atas persamaan derajat sesame manusia, hak untuk membela kebenaran, hak di hormati oleh orang lain, hak untuk berpendapat.



4. Apa yang akan terjadi apabila dalam proses penegakan hak asasi manusia, pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan?

Jawaban : Apabila pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan maka dalam proses penegakan hak asasi manusia tidak akan berjalan dengan lancar ( tidak aka nada penegakan HAM ) karena tidak ada dasar atau landasannya.



5. Mengapa liberalisme dan sosialisme tidak patut dijadikan landasan dalam proses penegakan hak asasi manusia di Indonesia?

Jawaban : Liberalisme dan sosialisme tidak cocok sebagai landasan penegakan hak asasi manusia karena liberalism bersifat individual ( tidak memperhatikan hak orang lain ) sedangkan sosialiesme bersifat seluruhnya diatur oleh pemerintah. Sehingga tidak ada kebebasan manusia untuk berpendapat, berkarya, berkembang, dan jaminan keamanan, dll.



6. Sekarang ini begitu sering terjadi peristiwa pelanggaran HAM di masyarakat, seperti pembunuhan, penculikan, penyiksaan dan sebagainya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Siapa yang paling bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan tersebut? Apa peran kalian untuk menyelesaikan persoalan tersebut?

Jawaban : Peristiwa pelanggaran HAM seperti diatas seringkali terjadi karena adanya kurang pemahaman kemudian menghargai akan kepentingan HAM sehingga terjadi pelanggaran. Yang bertanggung jawab atas hal ini adalah lembaga yang di bentuk oleh pemerintah agar dapat mengurangi pelanggaran HAM. Peran kami untuk menyelesaikan persoalan tersebut adalah dengan turut membantu dan menyebarkan informasi mengenai HAM agar dapat mengurangi terjadinya pelanggaran HAM di Indonesia.
My LinkedIn Profile"We shall Never Deny a Guest, Even the most Ridiculous Request"
Tambahkan Aplikasi "jawabanhalkelasuji" di smartphone mu Tanpa perlu Install, buka jawabanhalkelasuji dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titik di browser kemudian pilih " Tambahkan ke Layar Utama". Selanjutnya klik aplikasi jawabanhalkelasuji dari layar utama smartphone mu
Buka Komentar
Tutup Komentar